BPN Kabupaten Tangerang Raih Predikat Terbaik se-Banten

TANGERANG, klikbanten.co.id – Kantor Pertanahan (Kantah) ATR/BPN Kabupaten Tangerang meraih predikat terbaik se-Banten.

Predikat itu diberikan dalam penyelesaian tunggakan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2017-2019 dan Tunggakan Pendapatan Diterima di Muka (TPDM) Tahun Anggaran 2014-2019.

Hal tersebut terungkap dalam acara penutupan Tuntas PTSL 2017-2019 dan Tuntas TPDM 2014-2018 sekaligus silaturahmi dan buka puasa bersama dengan tetap mengedepankan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 pada Selasa, (19/05/20) lalu.

Pada kesempatan itu, hadir seluruh Kepala Kantor Pertanahan se-Banten juga para jajaran di bidang infrastruktur pertanahan, hubungan hukum pertanahan dan pengadaan tanah se-Banten.

Malam apresiasi ini tidaklah ramai seperti biasanya, selain karena dibatasinya undangan yang dapat hadir, acara malam tersebut lebih mengedepankan kualitas dan intimasi dari satu pegawai kepada yang lainnya, demi tercapainya tujuan bersama.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten, Andi Tenri Abeng menyampaikan rasa syukurnya karena di bulan suci Ramadan ini Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang dapat menjadi pioneer dalam menyelesaikan tunggakan pekerjaan pada tahun anggaran sebelumnya.

Abeng, sapaan akrabnya- mengaku sebelumnya terdapat keraguan dikarenakan masih banyaknya tunggakan PTSL pada tahun 2017-2019 pada Kantah Kabupaten Tangerang. Bahkan Abeng memberi sedikit gertakan untuk mencabut gelar yang terbaik seperti tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah memberi efek jera pada Kantah Kabupaten Tangerang sehingga dapat menyelesaikan semua tunggakan dengan termin waktu yang sudah ditentukan,” ujar Abeng dalam kesempatan tersebut.

Penilaian tersebut tidak semerta-merta diambil berdasarkan nilai subjektif, namun ada Tim Penilai dari Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten yang turun langsung dan melihat berdasarkan fisik data yang ada secara real time sehingga tidak perlu diragukan kredibilitasnya.

Seperti pada Kantah Kabupaten Tangerang, dalam catatan Tim Penilai Kanwil BPN Provinsi Banten pada tahun 2017 berhasil menyelesaikan 40.100 bidang target dengan rincian 40.000 bidang target PTSL dan 100 bidang target UKM.

Lalu pada Tahun 2018, selesai pula 50.490 bidang dengan sisa yang belum diserahkan sebanyak 381 bidang, untuk berkas-berkas yang belum diserahkan sudah dikirimkan surat ke desa yang ditembuskan ke kantor wilayah mengenai daftar nama Pemohon yang sudah siap diserahkan.

Dan pada tahun 2019, Kantah Kabupaten Tangerang berhasil menyelesaikan target PTSL sebanyak 49.300 bidang untuk target PBT PTSL, 100 bidang target PBT UKM, 100 bidang target PBT Nelayan dan 70.200 bidang.

Untuk target SHAT yang terdiri dari PTSL sebanyak 70.000 bidang, 100 bidang target nelayan, 100 bidang target UKM dengan lokasi desa PTSL tersebar di 13 kecamatan, 39 desa/kelurahan dengan capaian K1 sebanyak 50.871 bidang dan K3 sebanyak 20.470 bidang.

Sehingga total berkas yang sudah diserahkan 50.490 bidang dan sisa yang belum diserahkan sebanyak 381 bidang sudah dikirimkan ke desa dan ditembuskan ke kantor wilayah mengenai daftar nama Pemohon yang sudah siap diserahkan.

Dan berdasarkan data yang didapatkan dari Tim Penilai Kantor Wilayah BPN Banten, pada tanggal 13 Februari 2020 Tunggakan Penerimaan Di Muka (TPDM) pada Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang sejak tahun 2014-2018 sebanyak 3.528 berkas.

Pada saat ini TPDM tahun 2014-2018 sudah semua selesai dikerjakan. Dalam rangka scan dan validasi buku tanah PTSL 2017-2019 dibutuhkan waktu sekitar 151 hari dengan petugas validasi sebanyak 20 orang dengan output 50 sertipikat untuk validasi dan petugas scan sebanyak 20 orang dengan output perhari sebanyak 20 warkah.

Sebagaimana data tersebut, Abeng menambahkan tidak hanyak tunggakan PTSL dan TPDM saja berhasil diselesaikan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang, gelar Tuntas BMN berhasil didapatkan oleh kantor pertanahan yang berkedudukan di Tigaraksa ini.

“Saya harapkan prestasi yang didapatkan oleh Kantah Kabupaten Tangerang dapat memotivasi kantor pertanahan lain, sehingga tahun berikutnya semua bisa ada kesempatan untuk jadi juara. Saya ucapkan terima kasih kepada para pembina atas keberhasilan Kantor Pertanahan kabupaten Tangerang, dalam hal ini Bapak Mujahidin Ma’ruf, karena tanpa peran pembina ini semua tidak akan terjadi,” tambahnya.

Apresiasi malam itu tidak hanya didapatkan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang, pada posisi kedua ada Kantor Pertanahan Kabupaten Lebak. Abeng berharap Kantor Pertanahan dapat menyusul.

Untuk Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Lebak tinggal 1 (satu) step lagi, apabila BMN sudah clear, TPDM hanya tinggal 8 saja dan yang belum terklarifikasi adalah PTSL.

“Untuk Tim Penilai Kantor Pertanahan Kabupaten Lebak tolong diklarifikasi kembali, apabila bisa kita lakukan kembali. Alhamdullillah untuk Kantor Pertanahan Kota Cilegon pun masih terklarifikasi, Mudah-mudahan dapat menyusul,” imbuh Abeng.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang, Gembong Joko Wuryanto dalam sambutannya mengatakan sangat tertantang ketika dibebani tugas untuk menyelesaikan tunggakan pekerjaan dengan waktu yang relatif singkat serta beban volume pekerja yang tinggi.

“Kami melakukan upaya dan kerja keras sehingga target untuk menyelesaikan tunggakan ini dapat terselesikan. Syukur alhamdulillah semua ini berkat kerja sama semua staf sehingga kami dapat menyelesaikan tantangan ini secara tuntas,” ujarnya.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang, Ceto Subagiyo menambahkan bahwa kerja keras ini tidak terlepas dari semangat dan kekompakan dari seluruh jajaran.

“Kunci dari tuntasnya tunggakan pekerjaan ini adalah hasil kerja sama dan kekompakan dari seluruh jajaran, baik di tingkat staf sampai dengan pejabat diatasnya,” ujar Ceto. (rls/bud)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 14 =