Ditpolair Polda Banten Pantau Pemudik Gunakan Kapal Nelayan

SERANG, klikbanten.co.id – Ditpolairud Polda Banten melaksanakan pemantauan terhadap para pemudik yang memanfaatkan ke kapal-kapal nelayan untuk menyeberang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera.

Langkah ini untuk mencegah penyebaran coronavirus disease (Covid-19) sekaligus mengedukasi masyarakat tentang bahaya virus mematikan asal Wuhan, Tiongkok tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan di Dermaga I Pelabuhan Penyebrangan PT ASDP Merak-Banten, Kamis (30/04/2020) itu juga merupakan rangkaian Operasi Ketupat Kalimaya 2020.

Kapolda Banten Irjen Agung Sabar Santoso melalui Dirpolairud Polda Banten, Kombes Pol Heri Sulistya menyatakan kegiatan ini sebagai langkah preventif dan deteksi dini terhadap kapal nelayan yang beroperasi di alur pelayaran, guna menjaga agar situasi tetap kondusif.

“Sebagai bentuk upaya antisipasi tindak kejahatan serta mengedukasi masyarakat tentang pandemi Covid-19 di sekitaran perairan pelabuhan merak, guna menjaga agar situasi tetap aman terkendali,” ujarnya.

Heri Sulistya mengungkapkan pihaknya juga melakukan pemantauan di sekitar pelabuhan penyeberangan merak, guna mengantisipasi adanya pemudik yg akan ikut mudik dalam kendaraan truk yang akan menyeberang atau datang.

Dari hasil pemantauan, tidak ditemukan adanya pemudik yang menyusup di kendaraan truk. “Kita secara bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat terkait anjuran pemerintah yang melarang mudik di masa pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Banten Kombes Edy Sumardi Priadinata
menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan mudik dulu, terkait adanya pandemi Covid-19 ini.

“Mari kita ikuti arahan dari pemerintah, supaya kita bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini. Dan jangan sampai virus ini bisa menular kepada saudara-saudara kita yang ada di kampung halaman,” ungkapnya. (bud/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − one =