Ngeri-ngeri Sedap, Ini Olahraga Ekstrim Wakil Walikota Tangerang Sachrudin

TANGERANG, klikbanten.co.id | Menjabat sebagai Wakil Walikota Tangerang, tak membuat Sachrudin menyurutkan hasrat untuk menyalurkan hobinya bersepeda.

Di sela-sela aktivitas harian yang padat sebagai pejabat publik di kota berjuluk Akhlakul Kharimah, Sachrudin masih menyempatkan diri “mencari keringat” demi menjaga kebugaran tubuh.

Selain gowes pagi atau sore di sekitaran rumah, akhir pekan (Sabtu atau Minggu,red) adalah pilihan yang tepat baginya untuk memacu adrenalin ke sejumlah trek di luar kota. Itu pun, jika tidak ada agenda kerja atau kegiatan lainnya.

Jika kebanyakan pejabat publik yang memiliki hobi sama lebih memilih bersepeda di jalan-jalan aspal, namun Sachrudin lebih gemar bermain sepeda jenis MTB atau lebih dikenal dengan sepeda gunung.

Bahkan jenis olahraga bersepeda kegemarannya cenderung ekstrim, yakni Downhill (DH). Dimana, rider atau si penunggang sepeda harus bermain di jalur vertikal, yakni menuruni gunung. Rider hanya sesekali mengayuh pedal saat melintasi trek yang menanjak.

Tak hanya itu, rider juga harus melewati berbagai rintangan seperti kontur tanah yang miring, akar pohon, tikungan tajam, jalan berbatu atau biasa disebut “Jalur Makadam”, hingga melewati drop-drop alias lompatan yang tingginya bisa mencapai 2-4 meter.

Olahraga jenis ini tentunya memiliki resiko tinggi. Jika terjatuh, resikonya mulai cidera ringan, berat hingga patah tulang. Sehingga, selain membutuhkan stamina dan mental, konsentrasi dibutuhkan pula dalam olahraga ekstrim ini.

“Enjoy saja sih. Karena saya memang menyukai tantangan. Kalau bermain downhill itu memang nggak cuma mental dan stamina, tapi juga butuh konsentrasi karena menjaga keseimbangan tubuh. Kalau nggak fokus, bisa crash (terjatuh),” tutur Sachrudin, dalam sesi wawancara klikbanten.co.id, di rumahnya, Kelurahan Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh baru-baru ini.

Menurut Sachrudin, dirinya mendapatkan kepuasan tersendiri kala berpacu dengan sepeda yang ia tunggangi di jalur-jalur yang cukup ekstrim. Baginya, bermain downhill justru bisa melatih mental dan konsentrasi. Namun, utamanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

“Karena bersepeda itu selain bagus buat jantung, juga untuk menjaga stamina tubuh kita. Tapi harus rutin dilakukan, minimal seminggu sekali,” ucap pria yang mengaku sudah puluhan tahun menjalani hobi bersepeda itu.

Beberapa trek sepeda di berbagai wilayah sudah pernah ia jajal bersama rekan di komunitas. Seperti trek (Enduro, All Mountain, DH) di Cihideung Gravity Park di Bogor, Cikole Lembang hingga SUM7 Gunung Karang Pandeglang serta trek-trek menantang lainnya.

Demi menunjang hobinya, pria yang merintis karir dari bawah yakni mulai Ketua RW, Lurah, Camat hingga sekarang Wakil Walikota Tangerang itu, memilih sepeda dengan spesifikasi yang cukup mumpuni.

Salah satu sepeda andalannya yakni Foes Shaver buatan Amerika yang frame alias batangannya ia rakit sendiri. Selain itu, ada dua sepeda asal Negeri Paman Sam lainnya yang juga tak kalah keren, yakni Specialized keluaran terbaru dan yang lama.

Bukan Untuk Gaya-gayaan

Meski terbilang mahal (kisaran Rp25-50 jutaan), namun bagi Sachrudin sepeda pilihannya itu memang sesuai dengan kebutuhan. Karena bermain downhill memang butuh sepeda yang mumpuni untuk melahap berbagai karakteristik trek.

“Kalau saya sih (ukuran harga,red) bukan untuk gaya-gayaan atau gengsi, tapi lebih pada kebutuhan. Kan harus savety juga main begitu (sepeda downhill,red), jadi sepeda yang saya pakai itu memang sesuai kebutuhan,” tutur alumni Fisip UNIS Tangerang itu.

Selain bersepeda downhill, Sachrudin juga memiliki hobi yang tergolong ekstrim lainnya, yakni motor trail dan juga jetski. Nah, untuk jetski ia kadang bermain di Danau Cipondoh, spot bermain yang jaraknya cukup dekat dari kediamannya.

“Sering mainnya sih yang dekat-dekat aja, di Danau Cipondoh, lebih efektif deket sama rumah,” ujar suami dari Hj. Masturoh tersebut. Bagi Sachrudin, semua jenis olahraga yang menjadi hobinya itu tak lebih untuk menjaga pola hidup sehat.

Bermain sepeda, motor trail dan jetski semuanya baik untuk kesehatan dan melatih fisik. “Semua jenis olahraga bagi saya yang utama itu untuk menjaga kesehatan. Karena di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat,” imbuh pria kelahiran 6 November 1961 itu. (dra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 5 =