Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Merak Diprediksi Capai 15 Persen

CILEGON, klikbanten.co.id | ASDP Cabang Merak memprediksi jumlah penumpang pada arus mudik lebaran tahun ini mengalami lonjakan hingga 15 persen.

Jika pada tahun lalu jumlah penumpang yang menggunakan jasa penyeberangan pelabuhan Merak mencapai 1.600.328 orang, maka pada arus mudik lebaran 2019 ini diprediksi meningkat hingga 1,8 jutaan orang.

General Manager ASDP Cabang Merak Solikin mengatakan, lonjakan penumpang pada arus mudik tahun ini disebabkan oleh berbagai faktor. Di antaranya harga tiket pesawat yang mahal memicu masyarakat untuk memilih jalur darat untuk mudik.

“Harga tiket pesawat yang sangat tinggi menjadi salah satu faktor. Sehingga masyarakat memilih jalur darat, terutama yang akan mudik dari pulau Jawa ke pulau Sumatera melalui pelabuhan Merak,” kata Solikin kepada klikbanten.co.id di Kantor ASDP Cabang Merak, Sabtu (18/5/19).

Selain mahalnya tiket pesawat, lanjut Solikin, keberadaan ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang sudah beroperasi saat ini juga menjadi faktor masyarakat memilih jalur darat. “Juga karena sudah beroperasinya tol Bakauheni-Terbanggi Besar,” tambahnya.

Pria yang akrab disapa Capt Sol alias Captain Solikin ini memastikan pihaknya sudah mempersiapkan diri dalam menghadapi lonjakan jumlah penumpang pada musim mudik tahun ini. Salah satunya dengan upaya peningkatan sarana kapal dan prasarana pelabuhan.

Untuk armada kapal misalnya. Saat ini ASDP Cabang Merak telah menyiapkan setidaknya 69 kapal roro. Namun kapal yang laik laut saat ini sebanyak 65 kapal dengan intensitas per hari mencapai 34 kapal. “Sisanya ada empat kapal sedang docking,” tambahnya.

Selian itu pihaknya juga menyiapkan kapal eksekutif sebanyak lima unit yang tersedia di dermaga 6 atau terminal eksekutif. Nah untuk kapal eksekutif ASDP Cabang Merak menyiapkan lima kapal.

Adapun tarif untuk kapal eksekutif ini, sambung Capt Sol, berbeda dengan kapal lain yang berada di dermaga 1-5 (lihat grafis). 

 

Mantan Nahkoda ini juga menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan pihak ASDP Cabang Merak memberlakukan sistem nomor polisi ganjil-genap bagi kendaraan yang akan menyeberang melalui pelabuhan Merak.

Sistem ganjil-genap ini baru akan diberlakukan pada H-6 hingga H-3 jelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2019. “Mudah-mudahan dengan diterapkannya sistem ganjil-genap ini bisa mengurangi penumpukan kendaraan saat arus mudik nanti,” ujarnya lagi.

Lebih jauh Solikin memprediksi lonjakan penumpang pada hari puncak terjadi mulai pukul 22.00 WIB hingga pukul 06.00 pagi. “Biasanya puncak kepadatan itu terjadi H-3 jelang lebaran,” tandasnya. (dra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − thirteen =