5.000 Rumah di Kota Tangerang Dapat Sambungan Instalasi Air Minum Gratis

TANGERANG-Sebanyak 5.000 rumah milik warga kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kota Tangerang sejak tahun 2017 hingga 2018 memperoleh sambungan instalasi jaringan air minum dari Pemerintah Kota Tangerang.

Kegiatan penyambungan instalasi air minum bagi warga MBR ini merupakan salah satu program berkelanjutan yang pengelolaannya dilaksanakan oleh Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Tangerang.

“Untuk penyambungan instalasi hingga ke rumah-rumah warga ditanggung oleh APBD. Tapi untuk pemanfaatan airnya tetap bayar,” kata Sekretaris Dinas (Sekdis) Perumahan dan Permukiman Maryono Hasan.

 

Adapun biaya untuk pemanfaatan airnya, lanjut Maryono, mengikuti kebijakan dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), karena sumber air yang akan disuplai ke masing-masing rumah warga MBR yang disambung instalasi air, berasal dari PDAM.

“Untuk sumber airnya tetap melalui PDAM. Jadi tarif pemanfaatan airnya ya mengikuti kebijakan PDAM, ” katanya.

Terpisah, Yohandi, Kasi Pembangunan dan Pengembangan Air Minum pada Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Tangerang mengatakan bahwa pada 2018 ini pihaknya fokus pada pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) untuk menginventarisasi cakupan air bersih meliputi Zona II dan III Kota Tangerang.

Menurutnya, upaya memberikan yang terbaik untuk masyarakat, salah satunya penyediaan instalasi air minum terus dilakukan oleh Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Tangerang.

“Spirit Kota Layak Huni, Kota Layak Dikunjungi dan Kota Layak Investasi di Kota Tangerang tentu harus dijaga, salah satunya memfasilitasi dan memastikan seluruh warga Kota Tangerang memperoleh akses layanan air minum yang sehat dan berkualitas,” imbuh Yohandi. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + sixteen =