Pemkab Siapkan Program Lebak Cerdas 2019

LEBAK, klikbanten.co.id | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak telah menyiapkan program unggulan di bidang pendidikan pada tahun 2019 mendatang.

Program tersebut adalah Lebak Cerdas 2019. Ini merupakan bentuk keseriusan Pemkab dan DPRD Kabupaten Lebak dalam memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan di wilayahnya.

Program itu meliputi, program Lebak Cerdas Dengan Membaca, Sekolah Sehat Bersih Hijau dan Bertaqwa, Pendidikan Gratis Terjangkau dan Bermutu melalui Kartu Lebak Pintar dan serta Program Berkarakter.

Demikian disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Lebak, Junaedi Ibnu Jarta. Menurut dia, siswa yang memang berasal dari kalangan tidak mampu memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam mendapatkan pendidikan hingga jenjang SLTA.

Semua masyarakat tentunya memiliki hak yang sama dalam mendapatkan ilmu pendidikan tak terkecuali masyarakat yang tidak mampu. Salah satunya melalui pendidikan gratis dengan menggunakan program Kartu Lebak Pintar.

“Upaya pemerintah dan DPRD Lebak dalam memajukan dunia pendidikan salah satunya melalui program Lebak Cerdas 2019. Jadi setiap anak di Kabupaten Lebak ini mendapat pendidikan gratis selama 12 tahun mulai dari tingkat SD, SMP sampai SMA/SMK,” kata Junaedi Ibnu Jarta.

Ditambahkannya, bahwa tidak hanya pada pendidikan umum yang mendapat perhatian pemerintah daerah, namun pendidikan agama seperti di madrasah Diniyah pun sangat penting untuk menciptakan generasi bangsa yang berakhlak. Itu semua merupakan inisiatif DPRD Lebak untuk memajukan dunia pendidikan khususnya di kabupaten Lebak ini.

“Disamping itu pemerintah dan DPRD juga mengalokasikan lebih dari 20% dari dana anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk bidang pendidikan. Itu semua di lakukan agar perkembangan pendidikan di Kabupaten Lebak dapat lebih maju. Apalagi Kabupaten Lebak ini merupakan kota pelajar, dan diharapkan tidak lagi di cap sebagai kabupaten tertinggal,” ujar Junaedi.

Lebih lanjut, Junaedi berharap dengan adanya program Lebak Cerdas ini diharapkan dapat mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dan berpendidikan, sehingga kabupaten Lebak tidak lagi menjadi kabupaten tertinggal.

“Saya kira dengan adanya berbagai upaya yang telah di lakukan pemerintah khususnya di bidang pendidikan yang mendapat dukungan dari semua elemen yang ada, termasuk dari DPRD, Insya Allah ke depan dunia pendidikan di Kabupaten Lebak akan semakin maju,” tandasnya. (kha/dra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six − one =