RS Bhayangkara Polda Banten Segera Berdiri

Serang, klikbanten.co.id I Kepolisian Daerah (Polda) Banten membangun Rumah Sakit (RS) Bhayangkara sebagai bentuk kepedulian kepada anggota kepolisian dalam bidang kesehatan. Rumah sakit yang berlokasi di Lingkungan Sempu jalan Raya Pandeglang Kota Serang ini nantinya juga melayani masyarakat umum.

Peresmian pembanguan RS Bhayangkara Polda Banten dilakukan oleh Kapolda Banten Brigjen Pol. Listyo Sigit Prabowo didampingi Walikota Serang H Tb. Haerul Jaman dan jajaran Polda Banten.

Menurut Kapolda Banten, perencanaan pembangunan RS Bhayangkara Polda Banten sejak tahun 2007. Rumah sakit ini belum memiliki nama, Rumah Sakit Bhayangkari merupakan nama sementara. Diharapkan proses pembangunan rumah sakit ini berjalan baik tanpa kendala yang berarti.

RS Bhayangkara Polda Banten menempati lahan di atas tanah seluas 5.365 meter persegi yang telah bersertifikat Polda Banten. Dari dari desain maket bangunan, bangunan RS Bhayangkara Polda Banten nantinya terdiri dari dua gedung, memanjang ke samping sekitar 115 meter. Jarak antar gedung sekitar 7 meter. Gedung pertama untuk pelayanan dan yang kedua untuk zona area service. Bangunan dikelilingi oleh akses jalan yang melingkar. Hal ini untuk mempermudah akses situasi darurat seperti pemadam kebakaran.

Untuk blocking area, zona publik ditempatkan di gedung utama untuk layanan UGD, rawat jalan, farmasi, radiologi, laboratorium. Kemudian area semi public atau area Dokpol (dokter polisi), area otopsi dan forensik berada di belakang. Bisa diakses dengan pintu belakang menggunakan ambulance. Sebelah kanan ada zona area layanan dapur gizi, area laundry, power house, farm house, dan JWT di bawah diletakan sebagai parkir kendaraan beroda dua.

Lantai dua dibagi menjadi 3 zona, yang pertama zona private zona khusus atau zona steril ada ruang operasi, dibelakang zona private ada CSSD yaitu tempat sterilisasi peralatan setelah operasi, sebelahnya ada zona semi public disana ditempatkan untuk rehabilitai medis, pusat pelayan terpadu sebagai salah satu unggulan rumah sakit ini, sebelah selatannya lagi zona service ada gudang farmasi dan area parkir kendaraan roda empat.

Lantai tiga untuk zona private ditempatkan diujung bangunan untuk pelayanan kebidanan, verminatologi, PICU, NICU, untuk zona publiknya untuk rawat inap kelas I,II,III, dan rawat inap tahanan kemudian untuk pasien umum ada rawat inap isolasi untuk pasien untuk penyakit yang menular.

Lantai empat dibagi dua bagian, semi publik ada rawat inap VIP dan VVIP sebelahnya untuk zona manajemen dan ada ruang pertemuan yang bisa mencakup 500 orang. Kantor operasional rumah sakit berada di lantai empat di zona service. (*/klk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − eleven =