Segel Satpol PP di Alfamart Tiba-tiba Raib

CILEDUG, klikbanten.co.id | Warga di Kelurahan Parung Serab, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang mempertanyakan keberadaan bangunan Alfamart di wilayah setempat.

Soalnya bangunan Alfamart yang berada di RT 04 RW 08 tersebut diduga belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tangerang.

Salah satu warga yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan, pada Maret lalu bangunan Alfamart tersebut sempat disegel oleh Satpol PP Kota Tangerang.

“Dasar penyegalan, karena bangunan Alfamart itu tidak berizin. Baik IMB maupun izin yang lain-lainnya,” kata warga tersebut kepada klikbanten.co.id, Rabu (25/4/18).

Menurut dia, bangunan Alfamart tersebut sempat disegel oleh Satpol PP selama dua pekan. Namun, tiba-tiba segel tersebut dicopot oleh oknum yang diduga membekingi Alfamart tersebut.

“Sekarang (Alfamart,red) sudah beroperasi lagi. Kami sempat mempertanyakan ke ketua RT di sini, kenapa kok bisa segel Satpol PP dilepas, karena setahu kami itu belum ada izinnya,” tukasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Humas PT Sumber Alfaria Trijaya Cikokol, Agung tak menampik jika bangunan Alfamart dimaksud belum mengantongi izin. Hanya saja, Agung memastikan bahwa perizinan bangunan Alfamart tersebut tengah diproses.

“Izinnya masih diproses di DPMPTSP. Saya berharap teman-teman wartawan jangan dibesar-besarkan, kita bermitra saja,” kata Agung saat ditemui di Alfamart Parung Serab.

Sementara Kabid Gakumda Satpol PP Kota Tangerang, Kaonang, mengaku belum mengetahui soal penyegalan toko ritel tersebut. Meski demikian, ia akan menanyakan terlebih dahulu ke jajarannya.

“Coba nanti saya tanyakan dulu ke penyidik, PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil) yang menangani malasah ini,” imbuhnya.

Untuk diketahui, keberadaan toko retail yang sebagian besar menjamur di wilayah Kota Tangerang itu jelas-jelas tak berizin dan bisa menimbukan dampak sosial bagi masyarakat sekitar, khususnya dampak ekonomi Usaha Kecil Menengah.

Ironisnya, Pemkot Tangerang tak kunjung menerbitkan Peraturan Daerah (perda) tentang Penataan Toko Modern. Padahal Rancangan Perda Inisiatif tersebut sebelumnya telah di bahas oleh DPRD Kota Tangerang. (dra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 18 =