Kota Serang Kuatkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Kota Serang, klikbanten.co.id| Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) mewujudkan Indonesia sehat.

Gerakan masyarakat hidup sehat merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Kota Serang melalui Dinas Kesehatan Kota Serang menggelar kegiatan Penguatan GERMAS melalui Ormas UKBM di Kota Serang Tahun 2018 di Hotel Puri Kayana Serang, Senin (23/4).

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Walikota Serang H.Sulhi,M.Si itu menghadirkan narasumber dari Kementerian Kesehatan RI Ismoyowati, dan dari Dinas Kesehatan Kota Serang Dr.Hikmat Sumantri,M.Kes. Sebanyak 300 peserta mengikuti kegiatan ini. Meliputi Kepala Puskesmas, Petugas Promkes, Bidan Desa dan Kader Puskesmas se-Kota Serang, PKK Kota Serang, DWP Kota Serang, Akbid Aisyiyah, Pengajian Al-Hidayah Kota Serang, dan Muslimat NU.

Seperti diungkap oleh Kepala Dinas Kesehatan H.Toyalis,S.Kep, M.Kes. GERMAS merupakan gerakan yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilatif, dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

Untuk menyukseskan program GERMAS tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Dimulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dalam mempraktekan pola hidup sehat. Juga akademisi, dunia usaha, ormas, dan organisasi profesi dalam menggerakkan anggotanya untuk berperilaku sehat. Pemerintah baik tingkat pusat maupun daerah dalam menyiapkan sarana dan prasarana mendukung, memantau, dan mengevaluasi pelaksanaannya.
GERMAS dapat dilakukan dengan cara: melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban.

Pada tahap awal GERMAS dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan yaitu: melakukan aktifitas fisik 30 menit perhari, mengkonsumsi buah dan sayur, dan memeriksa kesehatan secara rutin. Tiga kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga. (*/klk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − twelve =