Pelaksanaan PTSL di Paninggilan Utara Sudah Sesuai Aturan

CILEDUG, klikbanten.co.id | Program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) yang diluncurkan pemerintah pusat mendapat respons positif warga Kelurahan, Paninggilan Utara, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang.

Soalnya, setiap warga yang memohon pembuatan sertifikat melalui kelompok masyarakat (Pokmas), dilayani sesuai dengan aturan

“Kami selaku warga senang karena program sertifikat di kelurahan ini pelayanannya cukup baik. Semua warga dipersilahkan mengurus sertifikat dan tidak dipungut biaya,” ungkap Yono, salah satu warga Paninggilan Utara, Selasa (3/4/18).

Menurutnya, isu soal adanya pungutan liar yang dilakukan oleh oknum tertentu tidaklah benar. Yono memastikan, program unggulan Presiden Jokowi tersebut tidak dipungut biaya alias gratis.

“Kalau yang dipungut biaya itu hanya pematokan, pembelian materai, dan biaya pajak,” tukasnya.

Sementara salah satu anggota Pokmas Paninggilan Utara, Joe, menambahkan, semua warga yang berkas surat tanahnya lengkap akan tetap dilayani sesuai dengan aturan.

“Mengenai pungutan, sudah sesuai dengan aturan. Kami tidak berani (memungut lebih,red), kecuali kami minta biaya yang sudah ditetapkan oleh pemerintah seperti biaya pematokan batas tanah pemohon, materai dan BPHTB,” tukasnya.

Ia pun memastikan, dalam hal ini warga yang mengajukan sertifikat harus sabar menunggu sampai selesainya proses dari BPN Kota Tangerang. Karena semua kewenangan sertifikat itu dari BPN. (dra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − eighteen =