Pemilih di Pilkada Kota Tangerang Capai 1 Juta Lebih

TANGERANG, klikbanten.co.id | KPU Kota Tangerang menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pilkada 2018 sebanyak 1.037.369 orang.

Penetapan tersebut melalui rapat pleno terbuka penetapan rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) menjadi DPS, di Hotel Narita, Cipondoh, Kota Tangerang, Jumat (16/3/18).

Ketua KPU Kota Tangerang, Sanusi yang memimpin pleno menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang tersebar di seluruh wilayah Kota Tangerang.

Dimana, PPDP sebelumnya telah melakukan proses pencocokan dan penelitian (pencoklitan) selama satu bulan.

“Kita semua mengetahui bagaimana teman-teman di lapangan kurang istrahat dan yang jelas kurang tidur. Kita juga tahu bagaimana teman-teman PPDP bekerja tanpa mengenal lelah. Ini patut diapresiasi,” kata Sanusi, dalam sambutannya.

Dirinya juga menyampaikan penetapan DPHP menjadi DPS, akan diumumkan pada 24 Maret 2018 secara serentak di setiap kelurahan.

Kemudian bersamaan dengan pengumuman, pihaknya juga akan melakukan uji publik agar masyarakat dapat mencermati DPS yang diumumkan.

“Kita akan tempelkan di setiap kelurahan-kelurahan agar masyarakat bisa melihat dirinya sudah terdaftar apa belum didaftar pemilih sementara. Apabila masyarakat belum terdaftar, maka kita akan melakukan pemutakhiran ulang untuk didata kembali dan data tersebut akan menjadi Daftar Pemilih Tetap,” jelasnya.

Sementara (PJs) Walikota Tangerang, M. Yusuf yang hadir pada kesempatan itu meminta agar seluruh penyelenggara Pilkada 2018 mampu menonjolkan dan menjunjung tinggi integritas dalam bekerja. Dengan demikian pelaksanaan Pilkada Kota Tangerang dapat berjalan baik dan kondusif.

“Dalam artian bapak ibu harus menjalankan norma dan azas dari sebuah penyelenggaraan pemilu yang diawali dengan keadilan dan netralitas,” ujarnya.

Komisioner KPU Kota Tangerang Divisi Program dan Data, Ahmad Syailendra memaparkan, DPS 1.037.369 orang tersebut dengan rincian 519.069 laki-laki dan 518.300 perempuan.

“Kita juga mendata daftar pemilih potensial non KTP elektronik (E -KTP) sebanyak 9.157, data tersebut akan kita sampaikan kepada Disdukcapil,” ungkapnya.

Jika ada warga yang belum masuk dalam data kependudukan, lanjutnya, nanti yang bersangkutan akan dikonfirmasi untuk melakukan perekaman E-KTP.

Dan jika sudah melakukan perekaman, yang bersangkutan bisa dimasukkan kedalam daftar pemilih tetap (DPT). “Kalau dia nggak ada dalam DPS dan data kependudukan berkemungkinan kita coret,” imbuhnya.

Ia melanjutkan, pada 24 Maret mendatang pihaknya akan mengumumkan serentak di setiap kelurahan. Saat pengumuman tersebut juga akan dilakukan uji publik agar masyarakat mencermati DPS yang diumumkan.

“Nanti kalau ada masyarakat yang belum dimasukkan, bisa dimasukkan (kedalam DPS,red). Kemudian kalau ada data yang seharusnya TMS (tidak memenuhi syarat,red) langsung kita coret,” tegasnya.

Sedangkan untuk penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), lanjut dia, baru akan diumumkan pertengahan April. Dirinya berharap masyarakat ikut aktif dalam kegiatan Pilkada Kota Tangerang 2018.

Diketahui, pleno DPS ini dihadiri seluruh jajaran Komisioner KPU Kota Tangerang beserta PPK dan PPS se-Kota Tangerang.

Juga disaksikan seluruh jajaran Panwaslu Kota Tangerang dan para pemimpin Partai Politik (Parpol) pengusung, serta unsur Forkopimda Kota Tangerang dengan segenap jajarannya. (dra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − five =