KPPI Targetkan 70 Persen di Pilkada

TANGERANG, klikbanten.co.id | Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kota Tangerang menargetkan 70 persen suara dalam Pilkada Kota Tangerang tahun ini.

Ketua KPPI Kota Tangerang Suparmi mengatakan, KPPI beranggotakan perempuan yang terlibat di seluruh partai politik.

KPPI, kata Suparmi,
menyatakan siap berkontribusi dan berpartisipasi untuk menyukseskan Pilkada Kota Tangerang 2018 dan siap mengawal proses Pilkada hingga ke TPS yang tersebar di 13 kecamatan.

“Kami juga turut membantu mensosialisasikan Pilkada Kota Tangerang kepada masyarakat,” kata Suparmi usai mengikuti sosialisasi Pilkada Kota Tangerang bersama KPU dan PPK, di Aula Kecamatan Tangerang.

Ketua DPRD Kota Tangerang ini menambahkan, KPPI juga akan menjadi agen-agen dalam mensosialisasikan pilkada sehingga bisa berjalan aman, nyaman, lancar, sukses dan demokratis.

“Minimal 70 persen dari jumlah data pemilih penduduk akan berpartisipasi dan datang ke TPS nanti. Karena untuk suksesi pilkada itu harus dilakukan secara bersama-sama,” imbuhnya.

Komisioner KPU Kota Tangerang, Banani Bahrul menjelaskan, sosialisasi yang dilakukan juga terkait upaya pihaknya bagaimana melaksanakan kedaulatan rakyat dalam pilkada satu pasangan calon.

KPU, sambungnya, harus terus menerus mensosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat. Sehingg masyarakat bisa memahami kondisi tersebut.

“Semuanya merupakan satu kesatuan, tidak mungkin partisipasi tinggi jika tanpa sosialisasi dan pendidikan kepada pemilih,” ujar Bahrul.

Dalam kesempatan itu Bahrul menyampaikan, tentang pemilihan demokratis secara langsung dengan mengacu pada Undang-undang dasar 1945.

Misalnya dalam konsepsi pemilihan kepala daerah, untuk memilih dan memberi wewenang kepada yang terpilih menjadi kepala daerah.

Kemudian norma pemilihan kepala daerah, lanjut dia, yakni pelaksanaan kedaulatan rakyat di wilayah Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota secara langsung dan demokratis.

“Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan sesuai UUD 45. Setiap orang bebas memilih dan memiliki hak politiknya,” ujar Bahrul.

Sementara, Ketua PPK Tangerang, Nanang Sutrisno menambahkan, sosialisasi ini ditujukan kepada kaum perempuan yang aktif dan produktif.

Ia pun meyakini, KPPI Kota Tangerang mampu menjadi garda terdepan untuk mensosialisasikan Pilkada 2018 kepada masyarakat.

“Belum lama kita sosialisasikan Pilkada untuk pemilih pemula, tapi sekarang untuk kaum perempuan yang aktif yaitu KPPI ini,” imbuh Nanang.

Nanang berharap KPPI ini mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dan mengajak masyarakat untuk datang ke TPS pada saat pencoblosan.

“Dengan puluhan pengurusnya yang tersebar di Kota Tangerang, kami harap KPPI ini mampu jadi agen sosialisasi untuk menyukseskan Pilkada 2018,” tandasnya.

Diketahui sosialisasi ini juga dihadiri Camat Tangerang, Agus Hendra, yang mewakili unsur Pemerintah Kota Tangerang. (dra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 − one =