Mulai Tahun Ini, Jatuh Tempo Pembayaran PBB Ditetapkan 3 Juli

TIGARAKSA, klikbanten.co.id | Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang tahun ini mempercepat waktu jatuh tempo pembayaran Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Dimana, kini jatuh tempo pembayaran SPPT PBB yakni ditetapkan pada 3 Juli 2018. Padahal sebelumnya jatuh tempo ditetapkan pada bulan Agustus.

Kabid Pajak PBB dan BPHTB pada Bapenda Kabupaten Tangerang Dwi Chandra Budiman mengatakan, percepatan jatuh tempo pembayaran SPPT PBB dilakukan agar para wajib pajak (WP) bisa tepat waktu.

“Karena kita mengejar SPPT para WP agar bisa tepat waktu,” kata Dwi Chandra Budiman kepada klikbanten.co.id, di ruang kerjanya, Selasa (13/2/18).

Menurut Dwi, percepatan jatuh tempo ini dilakukan sebagai upaya untuk menghindari penumpukan WP yang ingin melakukan pembayaran SPPT PBB di BJB.

“Karena kadang ada kendalanya di bank persepsi kita yakni BJB. Ada yang dari Tangsel dan Kota Tangerang yang pembayarannya berbarengan di Agustus itu,” ujarnya.

Dwi mengaku, selain WP biasa, pada Agustus banyak pula pengembang perumahan yang menyetorkan SPPT yang jumlahnya mencapai ratusan SPPT.

“Karena para WP ini cenderung bayar pada waktu mendekati jatuh tempo. Dan banyak juga pengembang yang membawa SPPT PBB sampai ratusan,” ujarnya.

Ia pun mengimbau agar para WP bisa melakukan pembayaran SPPT PBB sebelum waktu jatuh tempo yang telah ditetapkan.

“Kalau pembayarannya lebih cepat tentu akan berdampak positif. Yang pasti tidak ada penumpukan lagi,” imbuhnya.

Lebih jauh, pria berkacamata ini juga memastikan pembayaran SPPT PBB yang nilainya dibawah Rp1 Juta bisa dilakukan pada toko ritel seperti Alfamart dan Indomaret.

“Kalau nilai SPPT-nya dibawah Rp1 Juta bisa melalui Alfamart atau Indomaret. Cara ini, juga bisa mengurangi penumpukan,” tandasnya. (dra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 + 18 =