Musrembang Desa Kaduagung Bersifat Dialogis Partisipatif

Lebak, klikBanten | Musyawarah Desa Kaduagung Timur yang merupakan forum perencanaan program yang dilakukan oleh pemerintah desa berjalan lancar. Kegiatan yang dimulai pada pukul 13.30 Wib hingga selesai ini di selenggarakan dikantor Kepala Desa Kaduagung Timur. Selasa (5/12/2017).

Adapun yang hadir dalam kegiatan ini diantaranya Kepala Desa Kadu Agung Timur bersama staf, BPD Desa Kaduagung timur bersama staf, para pendamping desa dan pendamping lokal desa, Babinsa, Babinkamtibmas, Muspika Kecamatan Cibadak serta seluruh masyarakat desa Para ketua RW dan RT.

Musyawarah ini menunjukkan bahwa musrembang bersifat dialogis dan partisipatif, dimana, seluruh warga masyarakat yang hadir memiliki hak bersuara dalam menyampaikan pendapat dengan berdasarkan pada prinsip bebas partisipatif.

Kepala Desa Kaduagung Timur, Rio Irawan mengatakan bahwa kegiatan musyawarah desa ini sangat penting dalam menunjang kemajuan desa, hal ini menurutnya, karena dalam musyawarah ini membahas agenda kegiatan yang didasarkan pada potensi yang ada di desa sehingga seluruh elemen masyarakat berhak menyampaikan pendapatnya masing-masing karena pada akhirnya pendapat dari semua elemen masyarakat tersebut akan disaring dan dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan terkait rencana pelaksanaan kegiatan pembangunan desa.

“Alhamdulilah masyarakat sudah setuju dan menerima apa yang menjadi pembangunan sarana dan prasarana desa, pada tahapan pertama sudah mencapai 40%. sudah diterima dan disambut baik. dan tinggal melanjutkan yang tahap kedua 50% dan pada tahap ke tiga 10%” kata Rio Irawan.

Ditambahkan Rio, semua program dan pembangunan desa berjalan lancar tidak ada kendala dan lulus sertifikasi sehingga tidak ada masalah yang timbul, “Dengan demikian maka musyawarah desa merupakan salah satu bentuk demokrasi yang dibangun di desa sehingga segala keputusan terkait program pembangunan desa di ambil melalui Musyawarah mufakat. “ujarnya.

Disamping itu lanjutnya, melalui musyawarah Desa, semua potensi yang ada di Desa dapat dimamfaatkan secara optimal dalam menunjang program peningkatan kesejahteraan masyarakat sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Kaduagung Timur dapat tercapai sesuai dengan kriteria-kriteria yang telah ditentukan.

“Saya berharap kedepannya desa kaduagung timur bertambah maju lagi dari segi pembangunan desa maupun masyarakatnya, karna desa kami salah satu desa yang paling dekat dengan Pemeritahan Daerah Kabupaten Lebak.” Pungkasnya (Khasenda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 12 =