Perguruan Pencak Silat Terumbu Banten, Gelar Latihan Gabungan Rampak Silat Tapak Karuhun Banten

SERANG, KLIK BANTEN |  Latihan gabungan Tapak Karuhun, dari gabungan seluruh perguruan pencak silat Terumbu yang berada di Provinsi Banten.

Seribu anggota peserta rampak silat dari perguruan pencak silat Terumbu Banten, yang dilakukan ini rencananya juga akan turut dihadiri oleh kapolda banten, tetapi beliau tidak bisa menghadiri acara tersebut, karena Kapolda memang sedang ada tugas diluar kota.

Sedangkan, pertunjukan rampak silat Terumbu Banten yang diperagakan ini, merupakan latihan gabungan yang hanya dari beberapa padepokan yang ada di wilayah Kabupaten Serang, Tangerang dan Kota Serang saja. Latihan ini juga bertujuan untuk bisa menyamakan rampak silat Tapak Karuhun Banten, agar pada hari pelaksaan yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 oktober mendatang di lapangan mesjid Agung Banten, bisa siap untuk menyatukan persamaan jurus Tapak Karuhun Banten tersebut.

Kegiatan pelatihan rampak silat Terumbu Banten ini dilaksanakan dari pukul 09.00 Wib sampai dengan selesai.

Latihan rampak silat terumbu banten tersebut, diketahui hanya diikuti oleh beberapa perguruan yang berada di wilayah Kota Serang, Kabupaten Tangerang dan Serang saja, dengan menurunkan sebanyak 1.000 pesilat dari perguruan Terumbu Banten yang juga tergabung dalam Tapak Karuhun Banten.

Kegiatan tersebut guna untuk mempersiapkan Silaturahmi antar Perguruan yang akan dilaksanakan di Mesjid Agung Banten dengan akan menghadirkan sebanyak sepuluh ribu pesilat.

Kegiatan tersebut juga ikut dihadiri oleh beberapa tokoh silat dan guru-guru besar silat dari masing masing-masing Perguruan, agenda ini juga dihadiri langsung oleh Ketua Umum Perguruan Pencak Silat Terumbu Banten, YADI SUFIYADI, SPd. MSi dan Wadir Krimsus Polda Banten, AKBP. Nunung Safiudin.

AKBP. Nunung juga ikut mengatakan, selama proses latihan ini alhamdulillah hasilnya juga sangat bagus, secara psikologis ego antar perguruan dapat diturunkan dan dalam niat membangun seni budaya masing-masing perguruan.

Kemudian atas dasar persatuan dan kesatuan juga bisa berjalan dengan baik, di antara anggota masing-masing perguruan bisa dapat menyatukan jurus yang nantinya akan disatukan dalam pertunjukan yang akan dilakukan pada tanggal 22 Oktober 2017 mendatang,” tuturnya.

Masih di tempat yang sama, Ketua Umum Perguruan Pencak Silat Terumbu Banten, YADI SUFIYADI, SPd MSi, juga sangat mendukung adanya kegiatan seperti ini.

“Mudah-mudahan saja pemerintah Provinsi Banten dapat menunjang sarana dan prasana dalam untuk menjaga kelestarian seni dan budaya Banten,” tegasnya. (Dedi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + 15 =