Patroli Bersepeda, Polwan Cantik Akan Melayani Seluruh Warga Kota Serang

SERANG, KLIK BANTEN | Saat ini Kepolisian Daerah (Polda) Banten diketahui mulai rutin untuk melakukan patroli menggunakan sepeda. Petugasnya juga terdiri dari para polwan-polwan cantik dan juga sudah terlatih. Hal itu dilakukan bertujuan untuk bisa memaksimalkan pelayanan kepada warga masyarakat serta menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan tentram.

Untuk pola baru ini, Polda Banten berencana akan mengerahkan polisi wanita (Polwan). Polwan-polwan tersebut akan berkeliling ke sejumlah lokasi, sambil mengayuh sepedanya. “Karena memang saat ini masih baru, ini akan kita diterapkan di Kota Serang saja dahulu,” ucapnya kepada sejumlah awak media di stadion Maulana Yusuf Ciceri setelah berpatroli, Selasa (3/10/2017).

Paniturjawali Polda Banten, IPDA Fauziatul Adfina menjelaskan, pola patroli ini akan menggunakan sepeda, dan ini baru bisa berlaku selama satu bulan. “Karena masih juga memang masih baru, jadi hanya ada 10 unit saja yang disiapkan,” kata Fina.

Dijelaskannya, patroli dengan menggunakan sepeda ini dilakukan di daerah-daerah pemukiman masyarakat dan pusat keramaian yang memang jaraknya berdekatan dengan Polda Banten.

Patroli ini juga diadakan dengan tujuan untuk bisa membuat masyarakat lebih dekat dengan petugas kepolisian, dan membuat masyarakat menjadi merasa lebih aman saja. “Nanti kita juga akan bisa ikut mampir ke sejumlah sekolah-sekolah yang berada di wilayah Kota Serang, menyapa masyarakat secara langsung, dan hal lain yang bisa membuat masyarakat jadi merasa lebih dekat dengan polisi,” ujar Fina.

Setelah patroli, dilanjutkan Fina, petugas yang seluruhnya adalah wanita, juga akan langsung membuat laporan di lingkungan sekitar yang dilalui saat patroli tersebut.

“Setiap dua jam sekali kita membuat laporan, apa saja yang terjadi,” katanya.

Saat ini, patroli masih dilakukan secara insidental, kedepan, Fina juga ikut menjelaskan, patroli akan dilakukan rutin setiap hari oleh para petugas. (Dedi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + seventeen =