Dipelihara 3 Tahun, Warga Asal Serang Serahkan 2 Ekor Lutung Jawa

SERANG, KLIK BANTEN | Rudi warga asal perumahan Bukit Permai, Kelurahan Ciracas, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten menyerahkan secara suka rela ke dua ekor Lutung Jawa kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat Seksi 1 Serang. Sebab Rudi menyadari bahwa hewan tersebut termasuk dari salah satu hewan yang memang dilindungi oleh pemerintah.

“Sebenarnya ini merupakan milik suami saya, tetapi karena khawatir hewan ini juga akan menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan. Suami saya juga sudah rela untuk bisa menyerahkan ke petugas. Semoga saja petugas BKSDA juga bisa memeliharanya lebih baik lagi,” ujarnya saat ditemui di rumahnya, Selasa (3/10/2017).

Rudi pun mengaku bahwa hewan tersebut sudah dipelihara dirumahnya sejak 3 tahun yang lalu. Ia juga mengaku mendapatkan Lutung tersebut, di salah satu kebun miliknya yang ada di Jawa Barat. Kemudian dibawa pulang ke Serang untuk dipeliharanya.

Namun, karena suaminya sudah tak sanggup lagi untuk memelihara hewan tersebut. Pihaknya pun dengan terpaksa merelakan hewan peliharaanya itu untuk diserahkan ke BKSDA.” Sebenarnya setahun lalu sudah ingin saya serahkan, cuma saya baru tahu BKSDA di Serang,” ucapnya.

Sementara itu, dari keterangan yang diberikan oleh kasi konservasi BKSDA Jabar wilayah 1 Serang, Andre Ginson mengatakan, hewan tersebut memang salah satu satwa yang dilindungi oleh pemerintah kita. Untuk itu pihaknya akan meneliti lagi terkait kondisi kesehatannya.

Agar saat pelepasan ke habitatnya bisa lancar. Sebab ini aslinya hidup di hutan Jawa.” Kami juga ikut memberi himbauan kepada masyarakat agar bisa meyerahkan satwa yang dilindungi oleh pemerintah ke kantor BKSDA,” ucapnya. (Dedi/Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 13 =