Pantastis, Gaji Anggota DPRD Kota Serang Rp 45 Juta?

SERANG, KLIK BANTEN | Gaji Anggota dan Pimpinan DPRD Kota Serang, Banten menjadi salah satu pembahasan dalam Rapat DPRD dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) Kota Serang. Hal itu terkait menyusul adanya Peraturan Pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2017 tentang tunjangan dan fasilitas anggota dan pimpinan DPR dan DPRD.

Berdasarkan dari pengakuan Ketua DPRD Kota Serang, Subadri Ushuludin, Senin (25/9/2017) kemarin. Kenaikan gaji anggota dan pimpinan termasuk tunjangan rumah dan transportasi akan mengalami kenaikan jauh beberapa persen dari gaji yang sebelumnya. Jika menurut dari yang dianggarkan, kenaikan para legislator tersebut mencapai Rp 35 hingga 45 jutaan rupiah setiap bulannya.

“Kan itu given, itu amanat UU, PP 18 tahun 2017, kalau untuk masalah besarannya kan kita juga belum bahas,” katanya kepada Klik Banten.

Dirinya juga menegaskan, terkait untuk pembahasan masalah gaji itu tidak hanya ujug-ujug dirumuskan, melainkan telah dipertimbangkan bersama dengan para eksekutif di Pemkot Serang. Namun, Subadri akan menjamin berapapun nilai gaji dari anggota DPRD Kota Serang, pihaknya tidak akan pernah merasa keberatan.

“Kan untuk transportasi kendaraan, tentunya tidak ujug-ujug. Kita anggarin, itu juga dengan kajian, dan melalui kajian apresial yah. Artinya berapapun nominalnya nanti yang paling terpenting buat kami tidak bakalan mengesahkan diatas nilai provinsi,” tuturnya.

Besaran gaji itu, ujar dia, terdiri dari tunjangan kendaraan Rp 8,9 juta, tunjangan perumahan Rp 15 jt. Jumlahnya 35 juta tersebut, menurut dia sudah termasuk dengan jumlah gaji pokok.

“Kalau berdasarkan PP 18 kan tinggal dikalikan saja, kalau menurut dari perhitungan saya baru sampe sekitar 35 an juta, itu pun kalau tidak salah,” ucapnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, gaji pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten juga akan naik hingga 100 persen, terhitung mulai September mendatang. Kenaikan gaji para wakil rakyat itu memang telah disahkan melalui Rapat Paripurna DPRD Banten tentang Peraturan daerah (Perda) tentang Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Banten, Selasa (29/9/2017) kemarin.

Setelah perda disahkan, maka otomatis gaji para anggota DPRD Banten pun naik menjadi Rp 60 juta per-bulannya dari sebelumnya hanya Rp 30 juta per-bulan. Sedangkan untuk pimpinan, diketahui akan naik menjadi Rp 90 sampai Rp 100 juta per-bulannya.

“Seiring dengan adanya peraturan daerah yang memang juga sudah disahkan, gaji mereka akan menjadi naik,” kata Sekretaris DPRD Banten, A Deni Hermawan.

Peningkatan pendapatan anggota dan pimpinan DPRD Banten setiap bulannya, terutama didorong oleh meningkatnya tunjangan transportasi, reses dan komunikasi intensif. Untuk tunjangan reses, anggota dan pimpinan DPRD Banten akan mendapatkan tunjangan sebesar Rp 21 juta, dan cair setiap kali agenda reses.

Kemudian untuk tunjangan komunikasi intensif, setiap anggota dan pimpinan DPRD Banten juga akan mendapatkan Rp 21 juta per-bulannya. Sementara, untuk tunjangan transportasi hanya diberikan kepada anggota DPRD Banten sekitar Rp 17 juta per-bulan.

“Kalau untuk pimpinan harus bisa memilih apakah kendaraan dinas atau tunjangan transportasi, karena pimpinan lebih memilih kendaraan dinas, berarti dirinya tidak akan mendapatkan tunjangan transportasi,” ujarnya. (Dedi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 7 =