Bripka Wahyudin, Manfaatkan Motor Binmas Sebagai Perpustakaan Keliling

SERANG, KLIK BANTEN | Seorang Anggota Kepolisian dari Polresta Tangerang, Bripka Wahyudin yang juga ditugaskan menjadi bhabinkamtibmas di desa Cikande, Kecamatan Jayanti, diketahui telah memodifikasi sepeda motor binmas miliknya untuk bisa menjadi perpustakaan keliling.

Ia berkeliling dari satu sekolah ke sekolah lainnya yang ada di wilayah binaannya, dengan tujuan untuk bisa mengajak anak-anak agar mereka juga bisa menjadi lebih gemar membaca.

“Ini sepeda motor bahagia bhabinkamtibmas. Maksudnya dengan menjemput bola untuk bisa menumbuhkan minat membaca di lingkungan sekolah dan seluruh warga masyarakat,” kata Wahyudin saat dirinya sedang memarkir motor literasinya di MI/SMP Al-Husna, Kecamatan Jayanti, Minggu (24/9/2017).

Wahyudin juga ikut menjelaskan, inisiatifnya membuat motor literasi tersebut, merupakan upaya dari pihak kepolisian guna untuk turut serta bisa lebih mencerdaskan anak bangsa. Selain itu, dirinya juga mengatakan, motor baca ini merupakan hasil dari tindak lanjut atas atensi Kapolresta Tangerang, AKBP H.M. Sabilul Alif.

“Atensi Pak Kapolres agar seluruh bhabinkamtibmas juga ikut sebagai ujung tombak untuk bisa memberikan kontribusi dalam upaya untuk bisa meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat yang saat ini tergolong masih sangat kecil,” ucapnya.

Ditambahkan Wahyudin, program Polisi Cinta Siswa, Pemuda, dan Edukasi (Pos Cisadane) salah satunya diimplementasikan dengan motor perpustakaan keliling tersebut.

Pos Cisadane sendiri adalah sebuah program yang juga ikut terlibat langsung dalam memberdayakan pemuda, siswa/mahasiswa, dan dunia pendidikan. Pos Cidadane juga menilai,  pemuda merupakan generasi muda bangsa yang harus bisa mendapatkan perhatian dengan potensi yang dimilikinya.

Dengan adanya Pos Cisadane ini, polisi secara tidak langsung juga telah ikut berperan dalam menjaga, melindungi, dan juga mengarahkan generasi muda ke arah yang jauh lebih baik lagi.

“Ahamdulilah animo dari para siswa hingga saat ini dinilai cukup tinggi. ada pun buku-buku bacaan tersebut, yakni buku agama, cerita bergambar, pertanian,  pertumbuhan, dan perikanan yang diketahui telah didapatkan dari Desa Cikande yang memang sudah lama tidak pernah di baca dan ada tersimpan di dalam karung,” papar Wahyudin.

Sedangkan, dari hasil keterangan yang diberikan oleh Kepala Sekolah SMP aal-Husna, Mukhlis Fauzi mengatakan, dirinya sangat mengapresiasikan atas ide motor bhabinkamtibmas yang kita ketahui telah difungsikan menjadi perpustakaan keliling.

Dirinya beserta dewan guru mengucapkan sangat terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Jajaran Polresta Tangerang atas program yang dinilai sangat cerdas dan juga sangat membantu,  bagi anak-anak warga yang berada di perkampungan untuk bisa lebih gemar membaca serta juga bisa menambah wawasan mereka.

“Jujur saja saya speechless, tidak bisa banyak berkata tentang ide yang sangat cemerlang ini. Saya juga sangat salut dan tidak menyangka Polresta Tangerang memiliki program yang luar biasa seperti ini,” kata Fauzi.

Sementara itu, ditempat terpisah, Kapolresta Tangerang, AKBP H.M. Sabilul Alif mengaku sangat bangga dengan Bripka Wahyudin. Kapolres pun mengatakan, langkah yang telah dilakukan oleh Bripka Wahyudin ini, juga harus bisa diikuti oleh seluruh bhabinkamtibmas lain dan polisi secara umum untuk bisa mengambil peran mencerdaskan generasi bangsa kita.

“Bangga dan hormat saya sebagai pimpinan kepada beliau (Bripka Wahyudin-red). Kelak anak-anak ini juga mudah-mudahan bisa sukses,  maka dari itu mereka dipastikan tidak akan pernah lupa atas jasa bhabinkamtibmas ini. Insha Allah saya akan berikan apresiasi kepada beliau,” kata Kapolres.(Dedi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × five =