Gunakan Handak, Satu Nelayan Asal Sumur Diciduk

MERAK, KLIK BANTEN | Direktorat Polisi Air (Ditpolair) Polda Banten berhasil meringkus Ai bin Uj (27), nelayan yang dalam aktivitasnya sehari-hari di perairan Cemara, Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten kerap menggunakan bahan peledak (handak) pada akhir Agustus lalu.

Dalam keterangan persnya, Kasubdit Gakkum Ditpolair Polda Banten, AKBP Tri Panungko mengatakan, tersangka berhasil ditangkap petugas pada saat dirinya dsedang menggunakan bahan ilegal tersebut di atas perahu KM Trifans dengan barang bukti handak sekitar dua kilogram.

“Dari dalam kamar juru kemudi kapal, kami juga berhasil menemukan satu kantong plastik potasium, belasan botol berisi handak siap pakai dan juga yang masih kosong, sumbu dan korek api yang akan digunakan tersangka juga tak luput kami amankan,” ujarnya Senin (11/9/2017).

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 1 ayat 1 Undang Undang Darurat nomor 12 tahun 1951 tentang Handak dengan ancaman hukuman maksimal 18 tahun penjara. “Handak yang digunakan ini jelas sangat berbahaya. Selain juga bisa membahayakan diri sendiri, maupun ikut membahayakan ekosistem laut,” katanya yang juga ikut didampingi Kasie Tindak Subdit Gakkum Ditpolair Polda Banten, Kompol Yuswadi.

Tri juga tidak menampik saat ini masih maraknya penggunaan handak dalam proses penangkapan ikan di wilayah perairan Banten. Aktivitas itu pada umumnya kerap dilakukan para nelayan di malam hari dan waktu-waktu tertentu dengan sengaja memanfaatkan kelengahan aparat.

“Bojonegara, Sumur, Panimbang menjadi salah satu zona merah penggunaan handak. Upaya untuk bisa preventif kita yakini dengan cara rutin dalam melakukan patroli secara intens,” terangnya.

Hingga saat ini, aparat kepolisian Pol Air Polda Banten masih terus berupaya untuk bisa melakukan pengejaran terhadap Y, yang tak lain merupakan penyuplai bahan peledak yang saat ini sudah ditetapkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). (Dedi/Dimas/Caca).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 3 =