Buat Sewa Gedung, KPU Kabupaten Serang Masih Tunggu Pencairan Hibah RP 1 Miliar

SERANG, KLIK BANTEN | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang, Banten masih menunggu realisasi dari bantuan dana hibah senilai Rp 1 miliar dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang. Permohonan dana hibah tersebut telah diajukan pada tahun 2016 lalu. Alokasi dana hibah tersebut salah satunya bakal digunakan untuk sewa gedung. 

Dari keterangan yang diberikan oleh Sekertaris  KPU Kabupaten Serang, Iman Saiman mengatakan, bahwa gedung KPU Kabupaten Serang yang kita ketahui berlokasi di‎ Jalan Kitapa Nomor 33,  Kota Serang, dinilai memang sudah tidak layak lagi untuk ditempati, karena setiap kali turun hujan kerap kebanjiran.

“Drainasenya tidak jalan, saat hujan pun airnya masuk ke dalam (gedung KPU-red). Jadi seluruh dokumen, peralatan, meja dan lain sebagainya banyak yang sudah rapuh karena terendam air,” kata Iman, Senin (28/8/2017).

‎Ia juga mengungkapkan, gedung KPU yang saat ini mereka gunakan, merupakan aset milik Pemerintah Kabupaten Serang yang hanya berstatus pinjam pakai saja. Namun sejak ditempati dari tahun 2004‎ lalu, hingga kini masih belum juga ada perbaikan.

“Kita menempati gedung ini sudah 13 tahun, dahulu memang pemda sudah pernah ada rencana ingin merehab gedung tersebut setelah Pileg dan Pilpres 2014 lalu, tetapi begitu selesai Pileg dan Pilres anggarannya justru malah tidak ada sama sekali. Nah dari situ hingga saat ini masih belum bisa  terlaksana sampai sekarang‎,” ujarnya.

Berangkat dari kondisi  tersebut, kata Iman, pada 2016 lalu pihaknya telah mengajukan permohonan bantuan dana hibah ke Pemerintah Kabupaten Serang senilai Rp 1 miliar.

“Kita memang sudah tidak sabar untuk menunggu realisasinya,‎‎ ya seandainya dikasih syukur, kalau tidak dikasih yang penting kita sudah berusaha kan,” tuturnya.

Sedangkan, Ketua KPU Kabupaten Serang, Muhamad Nasehudin mengatakan, bahwa jika memang bantuan dana hibah ini sudah bisa direalisasi, pihaknya akan segera bergerak cepat untuk menyewa gedung baru yang berada di wilayah Kecamatan Ciruas.

“Kalau untuk rehab saya kira sangat tidak memungkinkan, karena anggarannya kan hanyan Rp 1 miliar yang kita ajukan itu, diantaranya untuk peralatan kantor seperti mesin scaner, mesin penghancur kertas dan lain sebagainya,” katanya.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Kabupaten Serang, Raden Lukman mengaku, dulu memang pernah menerima pengajuan permohonan bantuan dari pihak KPU.

“Untuk belanja sewa gedung memang pernah ada masuk ke Kesra. Tapi saya juga kan harus koordinasikan dengan kesbangpol bahwa kalau sewa gedung penganggarannya di SKPD (OPD) setelah adanya persetujuan dari pimpinan.  Namun SKPD mana saya belum tahu, karena kalau  di Kesra tidak relevan,” imbuhnya. (Dedi/Red). 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + two =