Yadi Sufiyadi Salah Satu Tokoh Terbentuknya Tapak Karuhun Banten

SOSOK, KLIK BANTEN | Sebagai seorang abdi negara, sosok Yadi Sufiyadi SPd, MSi ternyata tidak saja dikenal sebagai seorang Kepala SMKN 4 Kota Serang tetapi ia juga dikenal sebagai salah satu Tokoh Masyarakat yang aktif di berbagai organisasi kemasyarakatan.

Mulai dari jabatan Ketua Rukun Warga di daerah Pegantungan Kota Serang, Pimpinan Majlis Ta’lim & Dzikir TQN Al-Mubarok Kota Serang, Sekjen DPP Seni Budaya Pencak Silat Terumbu Banten hingga menjabat sebagai Ketua DPD Seni Budaya Pencak Silat Terumbu Banten Provinsi Banten.

Menurutnya, upaya menjaga dan melestarikan seni budaya daerah merupakan tanggungjawab semua elemen masyarakat karena budaya merupakan identitas atau jati diri yang diwariskan secara turun temurun dari para leluhur.

“Karena budaya adalah identitas, maka menjadi kewajiban kita semua untuk menjaga serta melestarikannya,” tegas Yadi Sufiyadi saat berbincang santai dengan crew Klik Banten, Minggu (19/8) di kediamannya, Pegantungan, Kota Serang.

Dikatakan Yadi, Pencak Silat Terumbu Banten merupakan salah satu seni budaya yang tertua asli Banten sehingga kelestariannya harus kita jaga bersama. “Saya merasa terpanggil untuk ikut menjaga dan melestarikannya karena kalau bukan kita siapa lagi,” ujar pria juga aktif sebagai Ketua Kenadziran Masjid Agung Ats-Tsauroh Kota Serang ini.

Tidak itu saja, suami dari Ny. Siti Nur Rachman ini kabarnya juga disebut sebagai salah satu orang yang cukup punya andil dalam pembentukan organisasi bernama Tapak Karuhun Banten. Yakni organisasi seni budaya pencak silat yang didalamnya terdiri dari tiga aliran peguron, yakni Pencak Silat Terumbu Banten, Bandrong dan Cimande.

Menurut Yadi, kesediaan Terumbu Banten, Bandrong dan Cimande kumpul dalam satu wadah bernama Tapak Karuhun Banten merupakan salah satu bukti kekompakan dan kepedulian masyarakat dalam melestarikan seni budaya asli banten.

“Meski berbeda peguron, namun kekompakan dalam masyarakat Banten dapat terjaga dengan baik. Salah satu buktinya adalah terbentuknya Tapak Karuhun Banten yang saat ini di pimpin oleh Nunung Syaifudin, Sik,MM,” ujar Yadi.

Dalam waktu dekat, lanjut Yadi, akan ada penyelenggaraan kegiatan silaturahmi Peguron dan Pagelaran Seni Budaya Debus Banten. Kegiatan tersebut rencannya akan dilangsungkan pada Minggu, 27 Agustus 2017 di alun-alun Banten lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang dengan jumlah peserta sekitar 5000 orang.

Maksud dan Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan tersebut , lanjut Yadi, diantaranya adalah sebagai sarana silaturahmi antar peguron di Banten. Kemudian menumbuhkan kesadaran pentingnya melestarikan kebudayaan, eksistensi dan menyebar luaskan informasi kebudayaan Banten serta mengenalkan kepada khalayak tentang budaya Banten khususnya debus.  (Dedi/Red).

BIODATA 

 Yadi Sufiyadi SPd, MSi.

Riwayat Pendidikan :

Pernah menyelesaikan Diploma 3 di Polyteknik Mekanik Swiss-ITB Bandung, serta menyelesaikan S1 dan S2 Administrasi Pendidikan.

Riwayat Pekerjaan :

Waka Kesiswaan pernah mengajar di SMKN 2 Kota Serang.

Kepala SMKN 6 Kota Serang.

Menjadi Pengawas SMK Kota Serang.

Menjabat sebagai Kepala SMKN 4 Kota Serang, Banten hingga saat ini.

Kesibukan Yadi Sufiyadi SPd, SMi. diluar sekolah diantaranya adalah :

Menjabat sebagai Sekjen Dewan Pimpinan Pusat Perguruan Pencak Silat Terumbu Banten.

Ketua Umum Perguruan Pencak Silat Terumbu Banten Provinsi Banten.

Pimpinan Majlis Ta’lim & Dzikir TQN Al-Mubarok Cab.Kota Serang.

Wakil Ketua Yayasan Masjid Agung Ats-Tsauroh Kota Serang.

Ketua Kenadziran Masjid Agung Ats-Tsauroh Kota Serang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 5 =