UNSERA dan UNTIRA Tumbuhkan Minat Baca Anak

SERANG, KLIK BANTEN | Guna membangun pengetahuan masyarakat desa yang cerdas dalam segi pendidikan, Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) 61 Universitas Serang Raya (UNSERA), bekerja sama dengan KKM TEMATIK 69  Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA),  membuat rumah pintar. di Ds. linduk. Kp. Lunduk Kec Pontang, Serang.  Rumah Pintar merupakan program kerja unggulan, yang di mana merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi. Jum’at, (18/08).

“Penumbuhan pengetahuan dalam membaca dan menulis saat ini kurang diminati baik dari kalangan siswa maupun pelajar masyarakat linduk khususnya. Maka dari itu kami semua yang mengabdi dari berbagai Universitas di kampung linduk akan lebih serius meninjaklanjuti apa yang sudah disepakati sebelumnya” ujar Kusbianto Ketua Kelompok KKM  61 UNSERA.

Bukan hanya itu lanjutnya, tujuan dari rumah pintar supaya anak – anak penerus bangsa lebih banyak memakai waktu luangnya untuk mengasah keilmuan, mulai dari membaca, berkreasi dan terus berinovasi.

Kusbianto yang kerap di panggil lunglai ini berharap besar dari rumah pintar ini.

“Agar masyarakat setempat bisa terus mensuport kegiatan yang sifatnya continue. karena rumah pintar akan terus berjalan walaupun KKM.  kita sudah selesai, dan akan kita jadikan momen berkumpul per 15 hari sekali berkunjung ke linduk.” harapnya.

Irvan selaku ketua kelompok KKM 69 TEMATIK UNTIRTA mengatakan kegiatan ini adalah awal kita untuk memberikan sumbangsih gagasan untuk negara.

“Saya rasa Negara maupun Universitas yang kita duduki bisa mensuport langkah kita ini, karna memang benar apa yang di ungkapkan presiden Joko Widodo bahwa karakter anak – anak bangsa harus mulai di asah sejak dini, tidak ada kata terlambat untuk belajar, kata – kata itu yang selalu tersimpan rapi di fikiran ini. Perbedaan almamater tida membuat hambatan dalam proses pembuatan rumah pintar. Malahan itu semua menjadikan pembelajaran untuk kita saling menghargai satu sama lain.” tegasnya.

Ditempat yang sama Fahri selaku ketua dari divisi pendidikan mengungkapkan harapanya agar rumah pintar kedepannya akan semakin ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar kampung linduk.

“Berharap juga rumah pintar dapat bermanfaat untuk anak-anak kampung linduk yang tidak lain adalah anak-anak generasi penerus bangsa yang harus diajarkan kegiatan positif agar dapat memperluas wawasan mereka. Saya senang ketika rumah pintar ini di kukuhkan keberadaannya, masyarakat sangat antusias itu membuat perasaan kami lebih tersentuh.” Ungkapnya.

Besar harapan kami bahwa rumah pintar dapat meningkatkan minat baca masyarakan dan menyediakan ruang berkreasi bagi anak-anak serta menjadi tempat yang penuh dengan kekreatifan, inovatif dan dapat menjadi pusat pelatihan bagi masyarakat sekitar.

kepada Klik Banten Subai selaku ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) mengapresiasi mahasiswa yang sudah mau mengorbankan waktunya untuk desa.

“Jarang ada mahasiswa yang berfikir jauh kedepan seperti mereka, dan semoga itu di respon baik oleh pemeritah kab.serang, agar bisa terus di kelola baik oleh masyarakat maupun mahasiswa – mahasiswa yang mengabdi di kampung linduk.” ucapnya. (Sahyudin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 2 =