Dua Rumah Warga Rusak Berat Akibat Tertimpa Longsor

LEBAK, KLIK BANTEN | Dua rumah yang diketahui milik Purkasih (53) dan Titing Yohaningsih (47) warga asal Kampung Rapos, Desa Cijengkol, Kecamatan Cilograng, Lebak mengalami kerusakan cukup parah akibat tertimpa material longsoran tanah, Jumat (18/8/2017) terjadi sekitar pukul 06.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun dua keluarga terpaksa harus rela untuk mengungsi sementara waktu karena dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan.

Dari beberapa informasi yang berhasil didapat, sebelum terjadinya longsor tersebut, serapan air pada saluran irigasi yang tepat berada diatas rumah warga pun meluap. Sehingga, bentangan turap rumah yang digunakan sebagai penahan tebing itupun roboh seketika, dan langsung menimpa dua rumah milik warga Purkasih dan Titing Yohaningsih yang diketahui pada saat peristiwa itu terjadi keduanya  sedang berada diladang.

“Iya kejadian longsor ini diduga kuat akibat dari luapan air pada irigasi, dan dinding turap yang menjadi penopang tebing tidak kuat untuk menahannya, sehingga mengakibatkan longsor dan juga ikut menimpa dua rumah warga yang berada dibawahnya,” kata Agil, salah satu relawan BPBD Lebak, kepada sejumlah media, Jumat (18/8/2017) .

Sedangkan dari keterangan yang dikatakan oleh Kasi kedaruratan dan logistik BPBD Lebak, Madlias mengatakan, kerusakan akibat tertimpa material longsoran tebing itu, setelah di cek kelokasi tidak mengakibatkan kerusakan berat. Sehingga pemilik rumah yang juga dibantu oleh warga sekitar dan BPBD langsung bisa untuk memperbaikinya.

“Kemungkinan dua keluarga yang rumahnya tertimpa longsor hari ini juga bisa kembali kerumah mereka masing-masing. Karena langsung telah diperbaiki dengan cara warga sekitar dan BPBD bergotong royong,” ujarnya.

Ditambahkannya, untuk bisa meringankan beban mereka, pihak BPBD juga telah menyalurkan bantuan darurat kebencanaan, berupa logistik diantaranya beras, mie instan, makanan siap saji, satu set peralatan dapur dan lainnya.

“Relawan tangguh BPBD yang berada di kecamatan setempat, saat ini juga sudah diterjunkan untuk bisa segera membantu para korban,” ucap Madlias. (Dedi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 12 =