Sufyani, Pemuda Korban Pasung Dibebaskan

SERANG, KLIK BANTEN | Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Mancak yang mengaku sudah‎ membebaskan Sufyani (21), pemuda warga asal Kampung Sawung Ilir, Desa Talaga, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang, Banten, dari pasungan. Kini Sufyani yang masuk kedalam kategori Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) tersebut, bisa mendapat pengobatan gratis secara rutin dari Puskesmas Mancak.

‎”Iya Pak sudah, allhamdulilah sudah saya tangani dengan tim dari puskesmas. Seminggu sekali Sufyani berobat  gratis, tim medis juga datang langsung ke kediaman Sufyani,” kata TKSK Mancak, Badanji saat dikonfirmasi, Kamis (9/8/2017).

‎Badanji mengungkapkan, Sufyani adalah merupakan tergolong dalam keluarga tidak mampu. Sebelum ditemukan oleh TKSK, keluarga Sufyani cukup kesulitan dan tak sanggup untuk bisa mengurus penderita ODGJ tersebut. Aksi pasung pun diketahui menjadi pilihan satu-satunya bagi mereka untuk menghentikan tindakan brutal ODGJ yang kerap meresahkan keluarga dan warga sekitar.

“Penyebab sehingga menderita kejiwaan, kata keluarganya sih akibat keseringan melamun. Terus dari sisi ekonomi juga kerap memang mereka dari kalangan orang yang tidak mampu,” ujarnya.

Ia juga menuturkan, dari berdasarkan laporan yang telah masuk ke pihaknya dari masyarakat, saat ini sudah ada dua orang ODGJ di Kecamatan Mancak yang hidup dengan kondisi terpasung. Antara lain Sufyani (21), warga Kampung Sawung Ilir, Desa Talaga‎ dan Misbah (30) warga Kampung Kemang, Desa Angsana.

“Sufyani kini juga sudah mulai kita bebaskan dari pasung, sementara yang belum Misbah kita juga masih menunggu perubahan, karena pengobatannya baru kemarin kita lakukan,” ungkapnya.

Namun ia juga telah mengimbaukan terhadap seluruh masyarakat, khusus di Kecamatan Mancak agar bisa segera melaporkan ke pihaknya jika menemukan ODGJ yang hidup terpasung. Menurutnya, hal ini sangat penting diketahui agar ODGJ tersebut segera bisa mendapat pengobatan medis.”Tolong nanti kalau misalnya telah menemukan di lapangan, khususnya Kecamatan Mancak penyandang ODGJ segera share ke kita,” katanya.

Sebelumnya, Sufyani (21), pemuda asal Kampung Sawung Ilir, Desa Talaga, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang sudah sekitar 10 bulan  hidup dalam kondisi pasungan. Sufyani diduga mengalami gangguan kejiwaan, dan kerap mengamuk. (Dedi/Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 17 =