Kemenhub Telah Mengklaim Rampungkan Pembangunan Dua Kapal Navigasi di Banten

SERANG, KLIK BANTEN | Direktorat Kenavigasian Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah meluncurkan dua unit kapal induk perambuan, Kapal Navigasi (KN) Sibaru Baru dan KN Kalian di galangan kapal PT Caputra Mitra Sejati (CMS), di Desa Mangunreja, Kecamatan Pulo Ampel, Kabupaten Serang, Banten Kamis (10/8/2017).

Direktur Kenavigasian Dirjen Hubla Kemenhub, I Nyoman Sukayadnya mengatakan, kedua kapal yang telah menelan APBN senilai Rp 246,2 milyar itu telah resmi akan ditempatkan pada dua distrik kenavigasian. “Untuk KN Kalian direncanakan akan dipangkalkan di distrik navigasi kelas I Palembang, sedangkan KN Sibaru Baru di distrik navigasi kelas II Teluk Bayur,” ungkapnya.

Dipaparkan, dari total 25 distrik navigasi di tanah air, ada beberapa diantaranya yang masih akan menggunakan kapal navigasi yang sudah tua dan perlu adanya peremajaan. “Dengan rampungnya kedua kapal ini, sangat diharapkan untuk bisa dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam mendukung tugas kenavigasian.

Ini merupakan sebagai konsekwensi dari kita sebagai negara maritim, sekaligus juga menjadi tanggungjawab Kemenhub untuk bisa menjamin keselamatan dari pelayaran-pelayaran di seluruh perairan kita,” katanya.

Sementara itu, Direktur PT CMS, Kris Pramono juga ikut mengatakan, dari dua kapal sejenis yang diketahui memiliki panjang 62 meter dan lebar 12 meter itu akan bisa rampung dibangun lebih awal dari mana waktu yang telah ditentukan selama 660 hari sejak 18 November 2015 silam.

“Sebagai galangan dalam negeri, tentu saja kami akan sangat bangga atas kepercayaan yang telah diberikan oleh pihak Kemenhub. Kami bangga karena telah dapat menyumbangkan tenaga maupun pikiran untuk bisa menghasilkan kapal yang turut serta menjaga keselamatan pada pelayaran nasional,” katanya. (Dedi/Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 7 =