Senin, KPU Berencana Akan Kumpulkan 36 Bakal Calon Walikota Serang

SERANG. KLIK BANTEN | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Serang besok Senin 7-Agustus-2017 rencananya akan mengumpulkan 36 nama yang dimungkinkan akan ikut maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Serang, Banten. Pemanggilan itu merupakan dalam agenda untuk bisa menjelaskan peraturan main kepada para peserta Pilkada melalui jalur independen, partai politik berikut syarat dan jadwal pendaftarannya.

Sedangkan, Ketua Divisi Sosialisasi KPU Kota serang, Ali Faisal mengatakan, jumlah nama-nama bakal calon itu dilihat dari eksistensi mereka dalam ruang publik, medsos, maupun pada keikutesertaan dalam penjaringan partai politik. “Dari hasil tim survey kami bahwa saat ini sudah ada yang banyak menyebarkan sejumlah spanduk, ataupun dilihat juga dari munculnya para relawan di medos,” ucapnya saat dihubungi oleh sejumlah media, Minggu 6-Agustus-2017.

Dalam pertemuan yang di rencananya akan dilaksanakan disalah satu tempat di Kecamatan Cipocok, Kota Serang tersebut, juga bertujuan untuk bisa membangun tali silaturahmi antara bakal calon dengan pihak penyelenggara dalam hal ini KPU. “Kita akan terbuka kok, nama-nama itu sudah jelas dilis dari A sampai Z, kemungkinannya nama-nama tersebut yang akan maju,” katanya.

Pertemuan tersebut menjadi bagian dalam rangkaian pra tahapan Pilkada Kota Serang, yang akan mulai dilaksanakan sejak Juli hingga Agustus mendatang. “Ini merupakan menjadi bagian dalam rangkaian pra tahapan Pilkada (Kota Serang),” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Serang, Heri Wahidin mengatakan, bakal calon yang akan maju dalam Pilkada Kota Serang, baik itu melalui jalur perseorangan minimal sudah mengantongi jumlah dukungan sebanyak 38.700 e-KTP atau 8,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir. Sedangkan untuk dari jalur parpol minimal didukung ada 9 kursi.  “DPT Kota Serang terakhir 455.921,” tuturnya.

Sedangkan, untuk jumlah dukungan dari jalur perseorangan juga diketahui harus tersebar minimal ada di empat Kecamatan se-Kota Serang. Sementara untuk dari dukungan jalur parpol yang penting bisa memenuhi 9 kursi, baik dari hanya 1 parpol saja ataupun gabungan beberapa parpol. “Jumlah dukungan jalur perseorangan minimal tersebar di empat kecamatan (di Kota Serang),” ucapnya.

Ia juga menuturkan, hingga hari ini KPU masih terus berupaya untuk bisa menyelesaikan pra tahapan Pilkada Kota Serang. Rencananya 9 Agutus mendatang pihak KPU juga akan bertemu dengan sejumlah ormas yang ada di Kota Serang. Tujuannya untuk bisa berkoordinasi dan mendengarkan masukan terkait sosialisasi Pilkada Kota Serang.  

“Saat ini di masa pra tahapan, ada beberapa kegiatan yang akan kami kerjakan, antara lain, “ ungkapnya. (Dedi). 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − four =