Menperin Resmikan Pabrik Krakatau Osaka Steel di Cilegon

CILEGON, KLIK BANTEN | Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto meresmikan pabrik baja milik PT Krakatau Osaka Steel (KOS), di Kota Cilegon, Kamis (20/7/2017).

Airlangga berharap, pabrik patungan PT Krakatau Steel (KS) dan Osaka Steel Co.,Ltd Jepang ini mampu menunjang produksi baja nasional 10 juta ton yang menjadi target pemerintah tahun 2020.

Pabrik yang berdiri di atas lahan seluas 21 hektar tersebut mampu memproduksi baja tulangan jenis S50 dengan ketebalan 50 milimeter. Baja yang diproduksi digunakan untuk jalan tol dan perkeretaapian.

‎”Kalau pabrik Krakatau Osaka ini merupakan generasi berikut dari pabrik baja yang ada di Indonesia untuk pabrik yang terbilang longgar, kita sebut yang panjang besi beton. Dia mampu produksi bisa sampai 50, diameternya besar, dan dia juga produksi dengan kapasitas 5 ribu ton,” kata Airlangga usai meninjau areal pembuatan baja PT KOS.

Airlangga menambahakan, saat ini pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo tengah gencar untuk masalah pembangunan infrastuktur. Dengan produksi baja PT KOS 500 ribu ton per-tahun maka itu dinilai sudah dapat untuk memenuhi kebutuhan nasional dan menunjang program-program pemerintah.

“Dengan produksi PT KOS, proyek infrastruktur dinilai bisa memanfaatkan baja dari Krakatau,” ucapnya.

Pemerintah sudah mentargetkan produksi tahun 2020 mendatang untuk konsumsi dalam negeri sebesar 10 juta ton per-tahun dengan penambahan pabrik-pabrik baru yang akan di bangun nantinya.

“Nah, kalau kebutuhan itu sudah bisa kita dorong dengan roadmap Krakatau 10 juta ton, kalau kita bicara 10 ton itu basisnya adalah steel making, jadi yang di atasnya blash furnice-nya, itu yang menjadi basis perhitungan 10 juta ton tahun 2020,” papar Airlangga.(Dedi). 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 1 =