22 Tahun Disekap Majikan, TKW Asal Lebak Akhirnya Dipulangkan

SERANG. KLIK BANTEN | Tenaga Kerja Indonesia Sukmi binti Sardi asal Lebak akhirnya bisa kembali lagi ke Tanah Air setelah 22 tahun dirinya bekerja tanpa ada bayaran di Arab Saudi. Nyaris putus asa, pada Sabtu (15/7/2017) Sukmi pun berhasil dipulangkan dan juga bisa mendapatkan kompensasi gaji.

Sukmi yang berangkat ke Arab Saudi pada tahun 1995 silam. Kala itu Sukmi nyaris putus komunikasi dengan keluarganya. Sampai pada akhirnya keluarganya di kabupaten Lebak melaporkan kasus itu ke Balai Pelayanan Penempatan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Serang, Banten.

“Memang ada pengaduan dari pihak keluarga karena telah putus komunikasi, tim KBRI di Riyadh pun langsung menindaklanjuti,” kata Bajongga Aprianto dari Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Serang, Mingggu (16/7/2017).

Sukmi yang diketahui sekarang mengalami depresi berat karena terlalu lama bekerja sebagai TKI dan disekap. Sampai Sukmi akhirnya bisa diselamatkan tim KBRI kemudian melakukan negosiasi dengan majikannya dan akhirnya mau membayar gaji sebanyak Rp 586.600.000 juta.

“(Kondisi Sukmi) depresi berat dan kesulitan dalam bahasa Indonesia. Dia juga pendiam sih,” katanya. (Ayu/Red).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + 2 =