Investasi di KEK Tanjung Lesung, Investor Tunggu Kesiapan Infrastruktur

PANDEGLANG, KLIK BANTEN | Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten sudah menjadi salah satu incaran investor. Investor dalam dan luar negeri disebut-sebut juga telah siap untuk berinvestasi di kawasan yang difokuskan dengan kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif tersebut.

“Sudah banyak sih investor yang berminat, akan tetapi mereka kini masih menunggu kesiapan dari infrastruktur seperti Tol Serang-Panimbang dan bandara,” kata Kepala Kantor Administrator KEK Tanjung Lesung, Joyce Irmawanti, Minggu (9/7/2017).

Kata Joyce, khususnya dari investor domestik yang akan menanamkan modalnya mereka baru mau ketika pembangunan tol sudah rampung. Sementara, investor asing malah menunggu mau berinvestasi apabila bandara sudah selesai terbangun.

Sambil menunggu aksebilitas, pihaknya tambah Joyce sedang berupaya untuk bisa meningkatkan daya tarik baik investasi maupun kalangan wisatawan.

“Maka dari itu, mari kita sama-sama menjaga kondisi jalan nasional agar minat wisatawan berkunjung tidak berkurang. Kemudian, untuk bisa membenahi sektor lain seperti kuliner, atraksi, festival, event dan lain-lain,” ujarnya.

“Jadi ketika jalan tol sudah jadi, sistem itu sudah siap semuanya, tinggal bangun hotel,” saja ucapnya.

Soal mengenai Pembenahan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) juga harus terus segera dilakukan agar mampu untuk menyesuaikan dengan lingkungan dan mampu bersaing.

“Kita siapkan sertifikasi tenaga kerja dan industri, SMA dan SMK diperkuat dengan menginduksi kurikulum-kurikulum khusus pariwisata, bimbingan teknis mengenai manajemen homestay, semua industri pariwisata masuk dalam pariwisata digital sehingga diharapkan semuanya reservasi bisa dilakukan secara online,” jelasnya. (Ayu/Dedi).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − 6 =