Ratusan Hektar Sawah Di 6 Kecamatan Gagal Panen Diserang Hama Wereng

PANDEGLANG, KLIK BANTEN | Sejumlah Petani di Kabupaten Pandeglang mulai merasa khawatir akibat ratusan hektar sawah milik mereka terancam akan gagal panen karena serangan hama wereng yang menyerang tanaman padi milik petani tersebut.

Sedikitnya ada ratusan hektar sawah milik para petani di 6 kecamatan terancam gagal panen akibat serangan hama wereng. Sawah tersebut berada di Kecamatan Munjul, Angsana, Sindangresmi, Cikeusik, Panimbang dan Kecamatan Cigeulis, Pandeglang, Banten.

Karjo (55) salah seorang petani warga di kecamatan Citeureup mengatakan, sedikitnya ada 3 hektar sawah miliknya yang saat ini terancam gagal panen akibat serangan hama wereng. Kalau tidak di serang hama atau normal, biasanya karjo bisa mendapatkan hasil panen padinya hingga ratusan karung, namun karena terkena hama wereng, panen kali ini dirinya memprediksi hasil panennya akan merosot tajam.

“Tiga hektare sawah milik karjo tapi ada di beberapa tempat semuanya terancam gagal panen akibat hama wareng, ya biasanya kalau enggak terkena hama sekali panen mendapat 120 Karung, kalau ini paling juga hanya dapat 30-50 karung,” kata karjo dengan nada pasrah, Jumat (30/6/2017).

Di tempat yang berbeda, Hal yang sama juga dikatakan oleh Markomah, Warga Kampung Lingsuh Kecamatan Cigeulis ia mengaku sangat kebingungan lantaran sawahnya terkena hama, meski sudah menggunakan pestisida untuk mengobati hama wereng yang menyerang tetapi tetap saja hama wereng tersebut menyerang taman padi miliknya.

“Padahal sudah di seprot dengan pestisida namun masih saja hama itu menyerang, saya tidak tahu harus berbuat apalagi. Sawah sudah dipastikan gagal panen, dan bukan hanya sawah saya saja, ada kemungkinan sawah di daerah lain juga terkena hama wareng,” ucapnya. (Ayu/Dedi). 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + nineteen =